Kerajinan Penghapus Papan Tulis

Pernah enggak adik-adik ketika duduk di bangku sekolah SD disuruh guru untuk membuat kerajinan penghapus papan tulis. Kerajinan penghapus papan tulis ternyata mudah sekali dibuat. Anak sekolah SD pun bisa membuat kerajinan tersebut. 




Sebetulnya, guru kita menyuruh membuat penghapus papan tulis itu agar kita mau menciptakan sesuatu yang berguna buat kita sendiri dan juga buat orang lain. Guru mendidik kita agar kita mau berinovasi, mau bekerja keras, dan mau belajar berkreasi dan memanfaat kan sesuatu yang tidak berguna menjadi berguna dikemudian hari.

Sang Guru mendidik siswa untuk belajar dan terus belajar agar kita menjadi sesuatu yang bermanfaat buat orang lain. Siapa yang punya cita-cita tinggi, semua orang pasti ingin menjadi sesuatu yang besar, sesutau yang besar tidak akan tercapai kecuali dimulai dengan hal yang kecil.

Salah satunya membuat kerajinan yang satu ini, kerajinan Penghapus. Manfaatnya sangat banyak buat orang lain, buat teman-teman kita, dan buat adik-adik kita nanti. Siapa tahu Kerajinan yang adik-adik buat, bisa bertahan dan terus dipakai sampai generasi-generasi berikutnya.

Mau tahu cara membuatnya? Berikut langkah-langkah membuat kerajinan yang satu ini. Tahapan-tahapan pembuatannya di susun oleh salah satu siswa SMK Almarwah kelas X RPL yang bernama Budi Nugraha :

Pertama-tama kita siapkan dahulu bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kerajinan penghapus papan tulis ini, Diantaranya:
bahan-bahan penghapus
Bahan-bahan Pembuatan Kerajinan Penghapus
  1.   Stik ice cream
  2.   Kain bekas
  3.   Spons busa
  4.   Lem kayu
  5.   Lem tambahan (lem sepatu)


Langkah-langkah pembuatan penghapus papan tulis, diantaranya: 
Stik ice creams
Stik Ice-Cream untuk Bahan Pembuatan
Kerajinan Penghapus
  1.   Kita bentuk stik ice creamnya menjadi bentuk sebuah balok. Karena disini saya menginginkan ukuran 8x5 maka saya menyiapkan 40 stik ice cream. Kita bentuk dengan menumpuk stiknya menggunakan lem kayu dan dibagi menjadi 2 bagian dengan ukuran 3x5 dan 5x5.
  2.   Lalu stik yang berukuran 3x5 ditempelkan dengan spons busa menggunakan lem tambahan (lem sepatu).
bahan-bahan penghapus papan tulis
Setelah Membentuk Persegi Panjang, Stik Ice Cream digabungkan
 dengan spons busa menggunakan lem


3.   Lalu gabungan dari stik dengan spons busa tersebut kita bungkus dengan kain menggunakan lem tambahan (lem sepatu).
bahan-bahan penghapus 2
Setelah terbungkus kain, untuk menutupi kain tersebut dengan
 menggunakan lem sepatu yang direkatkan ke stik.


4 Setelah terbungkus oleh kain, kita tumpuk dengan stik yang berukuran 5x5 menggunakan lem sepatu. Dan sampingnya dilapisi/ditutupi dengan kain yang tersisa supaya lebih menarik. Dan jadilah sebuah penghapus papan tulis yang cantik dan indah dipandang.
Kain Warna penghapus
Kain warna yang membungkus Penghapus agar memberi kesan
terlihat menarik dan indah dipandang


No comments:

Post a Comment